Spesifikasi ROG Ally, Handheld PC Gaming yang Ergonomis

ROG Ally adalah gaming handled yang menarik perhatian karena kemampuannya untuk memainkan berbagai game PC. Selain spesifikasinya yang mumpuni, harganya juga cukup kompetitif, yakni hanya Rp 9.599.000 saja.

 

ROG Ally

Dengan basis Windows 11, konsol game ini dapat menjalankan semua aplikasi Windows, termasuk berbagai platform gaming populer seperti Steam, Epic Games, dan lain sebagainya. Kemampuan ini membuat ROG Ally menjadi pilihan menarik bagi para gamer yang menginginkan fleksibilitas dalam memainkan game favorit mereka di mana saja dan kapan saja.

 

Spesifikasi ROG Ally

Jika Anda ingin memiliki game handheld yang mumpuni, ROG Ally bisa jadi pilihan tepat. Namun, ketahui dulu detail spesifikasinya, berikut ini:

 

1. Desain Ergonomis

Desain sangat penting untuk perangkat gaming handheld karena konsol ini akan sering digunakan dengan cara digenggam. Dimensi, berat, bentuk bodi, dan gamepad menjadi krusial untuk kenyamanan dan pengalaman bermain yang optimal. Desain yang baik akan membuat perangkat lebih ergonomis dan mudah digunakan dalam sesi permainan yang panjang.

 

Salah satu hal yang paling menonjol dari gaming handheld ini adalah warnanya yang putih. Kemudian, dari depan Anda bisa melihat jika terdapat dua speaker yang sudah dibekali dengan Smart Amplifier Technology. Dengan begitu, tidak heran jika suara yang dihasilkan sangat jernih dan mampu meningkatkan tensi dalam permainan.

 

Untuk sebuah gaming handheld, bobotnya sangat ringan, yakni hanya 680 gr saja. Dengan begitu, Anda akan sangat nyaman menggunakannya karena desainnya pun ergonomis. Pada bagian belakang, terdapat saluran pembuangan panas yang menjaga suhu perangkat agar tetap optimal.

 

Bagian atas perangkat dilengkapi dengan port ROG XG Mobile yang memungkinkan penambahan GPU eksternal. Selain itu, terdapat port USB-C 3.2 Gen 1 (DisplayPort/PD), slot microSD, port audio jack 3.5mm, tombol power, dan tombol pengaturan volume untuk meningkatkan fungsionalitas dan konektivitas perangkat.

 

Kemudian, pada bagian analognya, terdapat lampu RGB yang menegaskan kesan gaming-nya. Lampu RGB ini dapat diatur efeknya melalui Armory Crate untuk menyesuaikan preferensi pengguna.

 

2. Layar Resolusi FHD

ROG Ally menampilkan layar sentuh IPS 7 inci dengan resolusi Full HD dan refresh rate hingga 120Hz, serta dukungan AMD FreeSync Premium. Layar ini juga memiliki tingkat kecerahan hingga 500 nits dan mencakup 100% sRGB sehingga memberikan visual yang tajam dan akurat.

 

Kehadiran layar sentuh memungkinkan pengguna untuk menelusuri berbagai fitur dan aplikasi di Windows 11 dengan lebih leluasa. Dengan begitu, Anda dapat menggunakan perangkat tanpa mouse dengan nyaman, kecuali untuk tindakan klik yang memerlukan presisi tertentu.

 

3. Gamepad Mudah Dikuasai

Hal lainnya yang perlu Anda ketahui pada ROG Ally adalah gamepad-nya. Pada bagian kanan, terdapat tombol ABXY yang bisa digunakan untuk bermain game. Tombol tersebut terdapat di sisi kanan, layaknya joystick yang ada pada konsol. Dengan begitu, Anda akan semakin mudah mengoperasikan perangkat ini.

 

Dengan posisi dan bentuk tombol yang sama, Anda akan terasa layaknya menekan tombol joystick. Tombol yang ada di gaming handled ini pun cukup responsive sehingga Anda akan nyaman saat bermain game.

 

Kemudian, di sebelah kanan terdapat tombol menuju Armory Crate dan juga tombol menu. Ada juga tombol analog yang berguna sebagai WASD. Di sebelah kiri, terdapat analog dan tombol arrow sehingga memudahkan Anda dalam memilih opsi yang tersedia.

 

Menariknya, gaming handheld ini pun memiliki aksesibilitas yang memudahkan para penggunannya. Misalnya, yaitu terdapat tombol yang dapat memudahkan Anda dalam screenshot layar. Pada bagian belakang, terdapat tombol hitam yang bisa memudahkan pengguna dalam bermain game.

 

4. Performa Cukup Baik

ROG Ally dilengkapi dengan prosesor AMD Ryzen Z1 Extreme (Zen 4, 8-core 16-threads, 24MB total cache), yang didesain khusus untuk kinerja optimal pada perangkat ini. Prosesor ini juga dilengkapi dengan GPU terintegrasi yang menggunakan arsitektur RDNA 3.

 

Dengan RAM 16GB LPDDR5 dual-channel, ROG Ally mampu menangani tugas multitasking dengan lancar. Sementara itu, penyimpanan SSD NVMe M.2 Gen 4 512 GB memberikan kecepatan baca dan tulis yang tinggi, mempercepat waktu booting dan loading aplikasi. Kombinasi dari komponen-komponen ini menjadikan ROG Ally sebagai perangkat yang powerful dan siap digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari gaming hingga produktivitas.

 

5. Berbasis Windows 11

Berbeda dengan Steam Deck, ROG Ally berjalan di atas sistem operasi Windows 11. Kelebihan OS ini adalah fleksibilitasnya dalam menjalankan berbagai platform gaming terkenal seperti Steam, Epic Games, EA Play, Ubisoft Connect, dan lainnya.

 


Selain itu, dengan Windows 11, ROG Ally dapat digunakan seperti laptop pada umumnya. Dengan begitu, perangkat ini memungkinkan digunakan untuk bekerja, mengedit foto, dan video dengan cukup baik. Secara keseluruhan, Windows 11 memberikan fungsionalitas yang mirip dengan laptop konvensional.

 

ROG Ally menawarkan kualitas gaming PC dalam bentuk handheld dengan harga yang masuk akal. Dengan spesifikasi yang mumpuni, membuat konsol game ini menjadi pilihan menarik bagi para gamer yang menginginkan fleksibilitas dalam bermain game favorit. Jika Anda menginginkan konsol game, Anda bisa membelinya di e-commerce.

Lebih baru Lebih lama